Business, Product

(Part 1) Merancang dashboard bisnis: Konsep Dasar

You can read Creating business dashboard: Concept if you prefer this article in english translation.

Artikel ini akan berfokus pada konsep dasar yang mencakup:

  • apa itu dashboard bisnis,
  • mengapa butuh dashboard bisnis, dan
  • contoh implementasi dashboard bisnis.

Apa itu dashboard bisnis?

Di era informasi ini, setiap organisasi dapat memiliki puluhan bahkan ratusan indikator untuk memantau apakah proses bisnis berjalan dengan baik atau membutuhkan perbaikan.

Situasi tersebut membuat para pengambil keputusan membutuhkan sebuah antarmuka untuk melihat indikator apa saja yang dapat membantu mereka dalam mengarahkan bisnis.

Antarmuka ini umum disebut sebagai dashboard bisnis.


Mengapa butuh dashboard bisnis?

Walaupun sudah memiliki sebuah antarmuka, akan menjadi sebuah tantangan jika data disajikan secara berantakan dan tidak sistematis. Disinilah dashboard bisnis memiliki peran untuk mengantisipasi hal itu.

Dashboard bisnis muncul untuk membantu para pengambil keputusan mengekstraksi makna data secara cepat sehingga mampu mengetahui kondisi terkini dan posisi strategi bisnis.


Contoh implementasi dashboard bisnis

Sebagai contoh, salah satu produk populer yang mengimplementasikan dashboard bisnis adalah Google Analytics.

google_analytics_4_ori-copy

Dalam dashboard Google Analytics, pengguna dapat melihat jumlah pengunjung website mereka. Indikator ini dapat membantu pengguna untuk mengukur tingkat keefektifan strategi pemasaran.

Contohnya bisa dengan cara membandingkan jumlah pengunjung sebelum dan sesudah penerapan iklan.


Penutup

Penerapan dashboard bisnis seperti pada Google Analytics ini bisa kita ibaratkan seperti peta dan kompas yang dimiliki seorang nahkoda kapal.

map_and_compass

Kompas dan peta dapat membantu seorang nahkoda kapal untuk mengetahui arah perjalanan supaya tidak tersesat di lautan.

Demikian juga dengan dashboard bisnis yang dapat membantu para pengambil keputusan untuk mengekstraksi makna data secara cepat sehingga mampu mengetahui kondisi terkini dan posisi strategi bisnis.

Setelah memahami konsep dasar ini, minggu depan kita akan mempelajari tentang elemen dan langkah-langkah mendesain dashboard.

Advertisements
Standard

2 thoughts on “(Part 1) Merancang dashboard bisnis: Konsep Dasar

  1. Pingback: (Part 1) Creating business dashboard: Basic Concept | Raja David's Journal

  2. Pingback: (Part 2) Merancang dashboard bisnis: Elemen dan Proses mendesain | Raja David's Journal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.